6 Ide Pemasaran Nirlaba untuk Tahun Baru
Lembaga nonprofit selalu mencari cara baru untuk mengumpulkan dana dan meningkatkan donasi. 6 ide pemasaran nirlaba untuk tahun baru ini dapat dimasukkan ke dalam rencana pemasaran Anda dan membantu Anda mencapai kesuksesan di tahun 2022.
6 Resolusi Pemasaran Tahun Baru untuk Lembaga Nonprofit
Mencatat upaya pemasaran Anda sebelumnya dapat membantu memandu pilihan masa depan pada tahun 2022 dan mendorong keterlibatan dengan donor. Dengan berkomitmen untuk mengambil setiap tahun untuk evaluasi ulang, organisasi nirlaba Anda akan terus berhasil.Enam resolusi pemasaran untuk organisasi nirlaba ini adalah titik awal yang bagus dalam memperbaiki perjuangan penggalangan dana Anda.
- Gunakan Media Sosial
- Gunakan Situs Web Ramah Seluler dengan Video
- Bersihkan Basis Data Kontak Anda
- Analisis Data
- Gunakan dan Perluas Upaya SEO
- Tingkatkan Pengalaman untuk Target Audiens
1. Gunakan Media Sosial
Hari ini, jika Anda ingin membuat tanda di dunia, organisasi nirlaba Anda memerlukan akun media sosial. Baik itu LinkedIn, Twitter, Facebook, atau Instagram, lebih dari sebelumnya, pengguna online menggunakan media sosial sebagai cara untuk memberi secara online.The Giving Report menguraikan beberapa tren dalam pemberian online. Platform media sosial teratas yang menginspirasi konsumen untuk berdonasi adalah Facebook, dengan persentase signifikan sebesar 56%, dengan Instagram di posisi kedua sebesar 20%.
Kedua akun jaringan populer ini menginspirasi 76% pengguna untuk berdonasi, sehingga perlu bergabung dengan jajaran media sosial agar tetap sukses.
2. Gunakan Situs Web Ramah Seluler dengan Video
Meskipun lembaga nonprofit akan sering melihat lalu lintas situs web dari komputer desktop, lebih banyak individu yang menggunakan perangkat seluler, termasuk ponsel cerdas dan tablet. Perangkat ini dapat membuat tampilan halaman web menjadi menantang jika tidak dioptimalkan dengan benar.Memastikan bahwa pengunjung dapat menavigasi halaman beranda dan formulir donasi dengan mudah akan meminimalkan frustasi dan menurunkan rasio pentalan Anda. Semakin mudah situs web Anda bagi pengguna seluler, semakin tinggi kemungkinan mereka akan menyumbang sebelum meninggalkan situs Anda.
Selain itu, menggunakan video di platform media sosial dapat langsung menarik perhatian pemirsa jika dibandingkan dengan menyediakan pos untuk mereka baca. Pengguna online biasa akan menonton video online hingga 100 menit setiap hari. Statistik ini 25% lebih tinggi dari data yang dilaporkan hanya dua tahun lalu, membuat video semakin penting untuk kehadiran online yang sukses.
3. Rapikan Basis Data Anda
Setelah setiap tahun fiskal, merapikan detail yang tidak jelas akan membantu kuartal pertama Anda bergerak lebih lancar.Bekerja melalui database donor Anda dan verifikasi informasi atau buat perubahan yang diperlukan. Pastikan semua donasi dan hadiah dicatat secara akurat untuk memudahkan pelaporan. Pertimbangkan untuk menggabungkan data ke dalam program untuk menghemat waktu dan biaya overhead.
Lembaga non profit Anda tidak hanya akan lebih siap untuk tahun mendatang, tetapi cara yang benar dan efisien untuk mengakses informasi data dapat membantu saat menyesuaikan tujuan dan proses pemasaran Anda.
4. Analisis Data
Mengumpulkan informasi dari donatur dan klik situs web tidak akan membantu lembaga non profit Anda jika Anda tidak menganalisisnya untuk kemungkinan penyesuaian. Baik Anda memiliki staf yang siap memeriksa data Anda atau menyewa pihak ketiga untuk mendapatkan rekomendasi, bergerak menuju peningkatan setiap tahun sangat penting untuk tetap mengikuti tren terbaru di sektor nirlaba.5. Gunakan dan Perluas Upaya SEO
Google dan Bing dapat menjadi dua alat SEO terbaik untuk organisasi nirlaba Anda. Menjelajahi Google Analytics dan Bing Places untuk Bisnis akan membantu pengguna digital menemukan lembaga non profit Anda dengan mudah, sehingga meningkatkan peluang donasi online.Untungnya, platform ini relatif mudah dinavigasi, tetapi ada perusahaan pihak ketiga yang berspesialisasi dalam menggunakan taktik SEO dan dapat membantu meningkatkan upaya pemasaran Anda secara online dengan menggunakannya.
6. Tingkatkan Pengalaman untuk Target Audiens
Ada beberapa tempat yang lebih baik untuk menceritakan kisah lembaga non profit Anda dan menunjukkan pengaruh Anda selain situs web Anda. Situs web organisasi berfungsi sebagai pusat pemasaran-tempat di mana semua aktivitas pemasaran lainnya mencapai puncaknya dalam satu tindakan yang diinginkan, membuat sumbangan online.Secara alami, sebuah situs web memiliki kegunaan lain. Ini adalah jalur kehidupan untuk formulir dan survei, pendaftaran acara, rekrutmen sukarelawan, dan kalender acara. Tetapi manfaat utamanya adalah sebagai mekanisme dukungan keuangan. Menurut laporan pemberian amal tahun 2020, 13 persen dari semua dana yang terkumpul berasal dari donasi online, bagian terbesar sebagai persentase dari total pemberian dalam sejarah laporan tersebut.
Mengoptimalkan situs web Anda untuk meningkatkan pengalaman audiens akan meningkatkan respons untuk pemberian online. Setiap platform situs web berbeda. Beberapa memiliki kapasitas pemberian online bawaan, dan yang lain memerlukan alat pihak ketiga seperti PayPal, Snowball Fundraising, atau Donor Box. Terlepas dari perangkat lunak yang Anda gunakan, pengalaman memberi online harus mencakup beberapa komponen situs.
Pemberian Online Dimulai di Halaman Beranda
Ketika calon donor mendarat di halaman rumah Anda, Anda hanya memiliki satu atau dua detik untuk membentuk kesan. Donor kemudian akan memutuskan apakah mereka ingin tetap tinggal untuk belajar lebih banyak. Oleh karena itu, halaman rumah Anda harus menarik secara visual dengan pesan yang jelas. Apa yang Anda lakukan, untuk siapa Anda melakukannya, dan mengapa itu penting, semuanya harus dicatat. Selain itu, navigasi harus mudah digunakan. Tautan untuk memberikan online harus berada di setidaknya dua tempat berbeda.Halaman Donasi Membutuhkan Lebih Dari Sebuah Formulir
Jangan salah mengira bahwa mereka siap memasukkan kartu kredit mereka ketika seseorang masuk ke halaman donasi. Tarif "keranjang terbengkalai" yang digunakan untuk metrik perdagangan bisnis juga berlaku di sini. Ada persentase pengunjung situs web yang sangat tinggi yang memutuskan bahwa mereka tidak siap untuk berkomitmen.Halaman donasi online menghindari pola ini dan menunjukkan dampak dan kebutuhan yang memaksa donor untuk memberi. Halaman pembelian online Anda harus memiliki foto yang membangkitkan emosi dengan keterangan, pernyataan kembali tujuan Anda, dan pernyataan dampak yang menunjukkan hasil pekerjaan Anda.
Formulir donasi harus dibuat sesederhana mungkin dengan kolom yang dibutuhkan paling sedikit, menampilkan fitur keamanan, dan mobile-friendly. Dan, halaman konfirmasi harus menginstruksikan pendonor tentang apa yang diharapkan selanjutnya - pengakuan email, surat tulisan tangan dari anggota dewan, tanda terima, dll.
Kirim Surat Tulisan Tangan Online Secara Massal
Dalam beberapa kasus dan untuk penggunaan khusus, pemasaran surat langsung masih merupakan solusi yang layak bagi organisasi nirlaba untuk mengumpulkan uang. Namun, menjalankan kampanye email pemasaran digital membutuhkan kesengajaan dan perencanaan.Menggunakan Huruf Tulisan Tangan
Banyak donor potensial menerima lusinan permintaan yang diketik setiap tahun untuk dukungan dari banyak organisasi nirlaba. Meskipun terlihat profesional dan berasal dari sumber yang memiliki reputasi baik, memilih catatan tulisan tangan dapat menambahkan sentuhan yang lebih pribadi.Tulisan tangan adalah bentuk seni yang hilang di banyak industri. Gaya pemasaran ini dapat membuat pembaca menghabiskan lebih banyak waktu untuk melihat surat Anda dan mengidentifikasi dengan organisasi Anda. Surat tertulis menunjukkan perasaan bahwa pengirim mengambil waktu dari hari mereka untuk mengirim catatan individual.
Namun, menulis ratusan surat secara manual bisa memakan waktu. Handwrytten dapat mereplikasi gaya tulisan tangan untuk mengotomatisasi proses, menghemat waktu Anda dan tetap terhubung ke audiens target Anda.
Gunakan Kemitraan Perusahaan untuk Meningkatkan Visibilitas
Strategi lain yang menguntungkan adalah mencari kemitraan perusahaan
Kemitraan antara perusahaan dan organisasi nirlaba sangat penting bagi masyarakat. Perusahaan ingin menunjukkan kepada pelanggan mereka bahwa mereka peduli dengan tujuan lokal dan berinvestasi dalam kebutuhan lingkungan mereka. Demikian juga, organisasi nirlaba mengandalkan kemitraan dan sponsor perusahaan untuk menghasilkan acara dan program yang memberikan layanan klien mereka.Sponsor ini juga memberikan visibilitas yang sangat dibutuhkan. Akibatnya, perusahaan sering rela menghabiskan uang iklan mereka untuk mempromosikan acara atau program nirlaba di mana mereka mencantumkan nama mereka sebagai sponsor.
Menemukan sponsor perusahaan yang tepat sangat penting. Namun, organisasi nirlaba harus menghindari penargetan perusahaan terbesar di kota hanya karena mereka dapat mengatakan ya. Sebaliknya, strategi pemasaran terbaik adalah mengidentifikasi perusahaan yang cocok berdasarkan faktor lain-hubungan karyawan, tumpang tindih dalam basis pelanggan/donor, dan penyebab terkait.
Setelah pemimpin nirlaba mengidentifikasi mitra perusahaan potensial, membuat proposal sponsor perusahaan yang profesional dan informatif sangat penting. Penjangkauan yang dipersonalisasi ini harus mengikuti percakapan pribadi. Yang terpenting, proposal harus fokus pada keuntungan bisnis, bukan organisasi.
Pikiran Akhir
Saat Anda mempertimbangkan tren pemasaran mana yang akan diterapkan di lembaga non profit Anda sendiri, pertimbangkan tren mana yang dapat menginspirasi Anda jika Anda menerimanya dari badan amal pilihan Anda sendiri? Dan, jangan merasa terburu-buru untuk mengimplementasikan semuanya sekaligus. Opsi yang dapat disesuaikan yang disediakan oleh Handwrytten adalah titik awal yang bagus.Saat Anda mulai memasarkan lembaga non profit Anda pada tahun 2022, luangkan waktu untuk mengaudit konten apa yang berhasil pada tahun 2021, catat metrik dasar Anda, dan tetapkan tujuan untuk tahun depan. Kemudian, bereksperimen lah dengan campuran strategi yang telah Anda gunakan sebelumnya dan gabungkan sesuatu yang baru jika Anda bisa.
Ingatlah bahwa para donor mendengar dari beberapa organisasi sekaligus. Pesan yang Anda sampaikan harus mudah diingat dan bermakna. Dukung tujuan organisasi Anda dengan cerita tentang mereka yang terkena dampak, bersama dengan fakta dan angka.
Posting Komentar untuk "6 Ide Pemasaran Nirlaba untuk Tahun Baru"
Posting Komentar