8 Cara Meningkatkan Strategi Pemasaran Anda di Tahun 2022

8 Cara Meningkatkan Strategi Pemasaran Anda di Tahun 2022

Pemasaran digital telah tumbuh, berkembang, dan beradaptasi dengan cepat selama beberapa tahun terakhir, sedemikian rupa sehingga menjadi tantangan untuk mengikuti (dan bahkan lebih sulit untuk direncanakan). Namun demikian, saat Anda memasuki tahun 2022, ada beberapa item di hampir setiap daftar keinginan pemasar dan setiap strategi pemasaran baru. Ini termasuk laba atas investasi yang lebih tinggi, klien setia, alat visualisasi data yang lebih baik, pemeriksaan metrik waktu nyata, dan tingkat konversi yang lebih tinggi.

Saat Anda berupaya meningkatkan strategi pemasaran Anda di tahun 2022, delapan ide peningkatan ini akan menginspirasi Anda untuk terus berkembang. Jadi, baik Anda memulai kampanye surat langsung, meninjau kembali strategi media sosial Anda, atau mencari ide baru, mari selami.

Tren Pemasaran yang Harus Diwaspadai pada 2022

Tetap mengikuti tren baru adalah tanggung jawab utama pemasar dan penggunaan waktu yang berharga. Namun, yang sama membantu adalah evaluasi tren tersebut untuk audiens yang Anda inginkan. Jadi, sebelum mengedit strategi pemasaran Anda untuk memasukkan mode baru terbaru, lakukan riset dan pastikan Anda mendapat dukungan dari sebagian besar audiens target Anda.


Taktik pemasaran online mana yang cenderung mendorong hasil tahun ini? Tidak mengherankan bahwa pemasaran konten tetap menjadi raja, dengan konten video dan pemasaran influencer mengikuti di belakang sebagai tren pemasaran yang harus diperhatikan pada tahun 2022.

Namun, pertanyaan tetap ada, dan seperti setiap tahun, tren pemasaran diperkirakan akan mengalami pasang surut. Jika Anda sudah dalam mode pemasaran penuh tahun ini dan menginginkan lebih banyak tips dan data dari pakar pemasaran, kami siap membantu Anda. Delapan praktik terbaik ini akan membantu Anda meningkatkan pemasaran di tahun 2022.

8 Cara Meningkatkan Strategi Pemasaran Anda di 2022

Baik Anda ingin meningkatkan strategi pemasaran 2022 Anda saat ini atau memulai yang baru, tips berikut akan membantu Anda memanfaatkan sumber daya pemasaran Anda untuk tahun ini.

1. Audit Hasil Strategi 2021 Anda

Sebelum Anda dapat meningkatkan strategi pemasaran untuk tahun 2022 dan memanfaatkan tren pemasaran digital baru, penting untuk memahami bagaimana kinerja strategi tahun 2021 Anda dan di mana Anda perlu melakukan perubahan untuk tahun mendatang.

Sayangnya, pemasar sering melewatkan langkah ini karena tidak mencolok atau menarik. Namun, melompat ke depan dapat mengakibatkan pengulangan kesalahan yang sama dari tahun ke tahun. Penting untuk membuat rencana sebelum Anda tahu apa yang berhasil (dan apa yang tidak).

Untuk mengaudit taktik 2021 Anda dan mengevaluasi pemasaran Anda yang paling efektif, bandingkan kinerja setiap kampanye atau taktik pemasaran dengan sasaran yang Anda terapkan. Misalnya, jika Anda menetapkan sasaran untuk meningkatkan lalu lintas situs web sebesar 15% untuk tahun ini, jalankan laporan Google Analytics tentang jumlah lalu lintas situs Anda dari tahun 2020 versus 2021. Kemudian, pelajari lebih dalam untuk menganalisis taktik yang membantu Anda mencapai sasaran pemasaran atau yang mungkin telah berkontribusi untuk meleset dari target.

Berapa laba atas investasi Anda? Apakah anggaran sudah tepat, atau perlu disesuaikan anggaran untuk tahun 2022?

Meskipun merayakan pencapaian itu bagus, lebih baik lagi untuk memahami mengapa mereka berhasil. Sekali lagi, ini memperkuat kebutuhan untuk menjadi spesifik saat membuat strategi Anda. Anda pasti ingin memiliki data dan taktik yang diperlukan untuk dianalisis saat kinerja tidak sesuai.

2. Perjelas Pondasinya Terlebih Dahulu

Merencanakan kampanye iklan media sosial atau strategi pemasaran video sangat menarik dan menyenangkan bagi banyak pemilik usaha kecil. Sayangnya, terlalu banyak pemasar melewatkan pekerjaan dasar yang diperlukan dan meluncurkan kampanye tanpa struktur atau konteks yang tepat.

Beberapa peningkatan strategi pemasaran yang paling ekstensif dilakukan di belakang layar. Potongan-potongan dasar ini seperti strategi pemasaran konten yang solid, analisis audiens target yang mendalam, situs web yang berfungsi dengan baik, platform eCommerce, dan tujuan bisnis yang jelas sangat penting untuk keseluruhan strategi pemasaran Anda.

3. Gunakan Alat Mendengarkan Sosial

Ada sedikit ironi untuk membayangkan ruangan yang penuh dengan eksekutif pemasaran yang menebak apa yang memotivasi pelanggan mereka untuk menghabiskan lebih banyak uang atau menanggapi inisiatif pemasaran. Di sisi lain, perusahaan yang terlibat dalam mendengarkan sosial lebih mungkin untuk memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan mereka dan memiliki kesadaran merek yang lebih baik.

Mendengarkan sosial bisa sesederhana menggunakan media sosial sebagai saluran komunikasi dua arah, mendorong pengikut untuk mengirim pesan atau komentar langsung, termasuk baris dalam setiap percakapan email untuk mendorong pembaca membalas dengan umpan balik, dan membuat survei atau formulir interaktif untuk mengukur minat pada ide, produk, atau layanan baru.

Memasukkan umpan balik pelanggan ke dalam strategi pemasaran Anda memberi sinyal kepada audiens Anda bahwa Anda mendengarkan dan memperhatikan kebahagiaan mereka seperti halnya Anda tentang keuntungan Anda.

4. Berhenti Menggunakan Taktik Satu Ukuran untuk Semua

Tidak ada yang baru dalam membuat strategi pemasaran digital yang menggunakan banyak saluran komunikasi. Nasihat itu telah ada sejak hari-hari awal pemasaran ketika lebih dari satu saluran menjadi pilihan. Namun, banyak pemasar berhenti di situ, dengan asumsi mereka telah mencakup semua basis mereka karena mereka menggunakan banyak saluran.

Namun, pendekatan ini meleset dari sasaran. Misalnya, kampanye media sosial sangat penting untuk menjangkau segmen populasi target tertentu. Tetapi segmentasi lebih lanjut di dalam strategi media sosial itu juga diperlukan. Kampanye iklan sosial memerlukan serangkaian pesan, visual, dan teknik konversi yang beragam. Ini untuk menarik generasi, platform, dan penawaran produk yang berbeda.

Bagian depan ritel fisik Anda mungkin memerlukan kampanye Facebook yang menekankan kampanye Belanja Lokal dan strategi promosi lokal. Dan, itu mungkin juga mendapat manfaat dari kampanye TikTok. Salah satu yang menampilkan berbagai pakaian dan aksesori yang tersedia, bersama dengan saran dan tren mode.

Jenis diversifikasi ini juga relevan dengan bentuk periklanan lainnya. Misalnya, kampanye pemasaran email harus tersegmentasi dan sangat dipersonalisasi agar efektif. Demikian juga, halaman arahan situs web berfungsi untuk audiens tertentu. Iklan radio atau televisi kemungkinan akan mengenai mereka yang terlewatkan oleh upaya lain.

Rencana pemasaran 2022 Anda memerlukan diversifikasi saluran dan pesan dalam saluran tersebut untuk menghasilkan laba atas investasi terbesar.

5. Otomatis untuk Mempercepat

Otomatisasi pemasaran menjadi kata kunci di beberapa titik, tetapi tidak ada yang trendi tentangnya. Meskipun sangat membantu untuk menghemat waktu, sumber daya staf, dan kesalahan manusia. Ini juga merupakan kunci untuk menerapkan banyak strategi yang dulunya hanya visi tanpa eksekusi.

Pemasar ambisius di awal tahun. Mereka membuat rencana, menggambar bagan dan grafik, dan membuat spreadsheet pelacakan dengan tujuan yang berani dan aspirasi yang tinggi. Dan kemudian, dunia nyata muncul. Pekerjaan biasa membuat konten, melatih staf, dan mengelola anggaran mengambil alih, dan semua rencana itu lebih sulit untuk dijalankan.

Kesenjangan ini adalah di mana otomatisasi pemasaran berperan. Ketika proses otomatis tidak terlewatkan atau disingkirkan untuk prioritas yang lebih besar. Misalnya, urutan sambutan untuk pelanggan baru sering kali ada dalam daftar "mari kita perbaiki itu". Namun, mereka merasa prioritas yang lebih rendah daripada mengoptimalkan deskripsi produk atau membeli perangkat lunak baru.

Saat Anda menggunakan otomatisasi untuk mempercepat rencana Anda dan memanfaatkan efisiensi, ini memungkinkan Anda menjadi lebih visioner. Ini juga memungkinkan para pemimpin untuk menilai apa yang berhasil dan apa yang perlu diubah dengan cepat.

6. Berinvestasi dalam Alat Terbaik

Katakanlah Anda mencoba untuk menggantung lukisan baru di kantor Anda, tidak memiliki paku atau palu. Seseorang memang akan angkat bicara. Mereka mungkin menyarankan untuk memperoleh alat yang tepat untuk pekerjaan itu. Demikian pula, berinvestasi dalam alat yang tepat untuk memasarkan bisnis Anda sangat penting untuk meningkatkan strategi pemasaran online Anda.

Alat-alat ini bukan hanya tentang membuat hidup lebih mudah, meskipun itu adalah keuntungan yang jelas untuk menggunakan perangkat lunak untuk memaksimalkan efisiensi. Seringkali, alat terbaik mengungkapkan ide dan pendekatan baru terhadap strategi lama yang mungkin diabaikan oleh pemasar.

Misalnya, berinvestasi dalam alat pengoptimal SEO sangat cocok untuk penelitian kata kunci, analisis pesaing, dan memahami volume pencarian untuk konten terkait industri Anda. Namun, itu mungkin juga mengungkap taktik baru peluang membangun tautan yang sebelumnya tidak Anda sadari.

Alat terbaik beroperasi dalam lingkup pekerjaan Anda saat ini dan tidak mengharuskan Anda untuk menerapkan taktik baru. Mereka lebih suka meningkatkan hasil yang sudah Anda gunakan.

Misalnya, ini mungkin platform pemasaran email baru dengan otomatisasi yang lebih kuat atau plugin situs web untuk mengoptimalkan produk e Commerce Anda dengan permintaan untuk peningkatan penjualan atau produk terkait. Atau Anda dapat menggunakan Handwrytten untuk mengirim catatan dan surat yang dipersonalisasi dalam skala besar.

Evaluasi alat yang Anda gunakan saat ini, tetapkan anggaran untuk penambahan baru, dan uji fitur sebelum Anda membeli.

7. Memasukkan Tren Pemasaran dengan Hati-hati

Setiap tahun, ada ribuan artikel dengan judul "tren pemasaran yang harus diperhatikan" yang beredar dan banyak pemasar yang ikut-ikutan, seringkali sebelum waktunya. Sementara pengadopsi tren awal menikmati kebaruan, pendekatan yang lebih hati-hati biasanya yang terbaik.

Sebelum Anda memasukkan tren pemasaran media sosial terbaru untuk tahun 2022, penting untuk mengevaluasi apakah gerakan tersebut relevan dengan industri, produk, atau layanan Anda atau tidak. Dan, bahkan jika relevansinya lolos uji, apakah tren itu menarik minat audiens Anda? (Di sinilah teknik mendengarkan sosial berguna.)

Pengaruh pemasaran adalah contoh yang bagus. Ketika tren ini pertama kali muncul, setiap perusahaan menginginkan sepotong kue afiliasi. Itu adalah langkah cerdas bagi banyak orang, dan pendekatan ini telah membuktikan bahwa itu lebih dari sekadar tren – sekarang ini adalah alat pemasaran yang digunakan oleh jutaan orang. Namun, untuk beberapa perusahaan, pemasaran influencer tetap tidak cocok.

8. Jadikan Itu Pribadi

Program pemasaran telah beralih dari pasar massal ke strategi pemasaran pribadi yang lebih bertarget. Alih-alih upaya umum yang berfokus pada kesan merek, pemasar sekarang bekerja untuk memahami kepribadian dan preferensi pembeli. Kemudian mereka dapat secara khusus mengembangkan konten yang sesuai dengan mereka.

Dalam dunia avatar klien, penelitian kata kunci, dan analisis audiens, perusahaan terkadang lupa untuk berbicara dengan orang yang sebenarnya di balik layar dan pentingnya pengalaman pelanggan. Rasanya mustahil untuk menjangkau jutaan orang sekaligus mempersonalisasi pesan. Namun, itu tidak sesulit yang Anda bayangkan.

Strategi pemasaran yang dipersonalisasi hampir menjadi permintaan pelanggan saat ini. Pelanggan mengharapkan tingkat respons yang hampir segera untuk masalah dan manusia nyata tersedia melalui dukungan pelanggan. Mereka juga mengharapkan rekomendasi yang dipersonalisasi berdasarkan pengalaman penjelajahan atau belanja mereka.

Personalisasi ini mungkin terasa tidak mungkin tercapai, terutama untuk perusahaan besar dengan basis pelanggan yang lebih besar. Untungnya, ada berbagai alat di luar sana untuk membuatnya lebih mudah, mulai dari mendigitalkan tulisan tangan dan tanda tangan di kampanye surat langsung Anda hingga mempersonalisasi data di iklan Google, email, dan konten video, serta perangkat lunak obrolan.

Apakah Pemasaran Anda Siap untuk 2022?

Secara teori, relatif mudah untuk meningkatkan strategi pemasaran Anda: buat keputusan yang lebih baik, fokus pada apa yang mendapatkan hasil, abaikan yang lainnya.

Pada kenyataannya, delapan bidang peningkatan ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang paling efektif kadang-kadang dibentuk di belakang layar, memerlukan percobaan dan kesalahan, dan pendekatan yang dipersonalisasi yang menjadikan pelanggan sebagai pusat dari setiap upaya.

Saat Anda mulai menerapkan strategi pemasaran baru untuk tahun 2022, mulailah dengan pengalaman pelanggan. Baik Anda sedang mendalami strategi pemasaran konten baru, menjalankan Google Ads untuk pertama kalinya, atau mengerjakan sasaran bisnis lainnya, pelanggan harus tetap menjadi pusat fokus Anda.

Tetap Diperbarui dengan Tren Pemasaran Surat Langsung dengan Mengikuti Buletin Kami

Karena hal-hal berubah dengan cepat di dunia pemasaran online, tetap diperbarui pada strategi pemasaran terbaru dan tren pemasaran surat langsung lebih penting dari sebelumnya.

Buletin kami mencakup informasi terbaru tentang pemasaran surat langsung, peningkatan tingkat respons, pemasaran email, dan menjalankan kampanye surat langsung yang sukses. Anda dapat berlangganan di situs web kami.

Posting Komentar untuk "8 Cara Meningkatkan Strategi Pemasaran Anda di Tahun 2022"